Jumat, 03 Februari 2012

Xampp


Xampp

XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan  konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi. Versi XAMPP yang ada saat ini adalah Versi 1.4.14

Pengertian Apache, PHP, XamppCafe Bisnis Online

1.  APACHE
Apache sudah berkembang sejak versi pertamanya. Sampai saat ditulisnya artikel ini versi terakhirnya yang ada yaitu Apache ver 2.0.54. Apache bersifat open source, artinya setiap orang boleh menggunakannya, mengambil dan bahkan mengubah kode programnya. Tugas utama apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada peminta, berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. Jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan, maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.

2. PHP
Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk mebuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. PHP dapat dijalankan pada berbagai macam Operating System (OS), misalnya Windows, Linux dan Mac OS. Selain Apache, PHP juga mendukung beberapa web server lain, misalnya Microsoft IIS, Caudium, PWS dan lain-lain.
Seperti pernah disinggung sebelumnya bahwa PHP dapat memanfaatkan database untuk menghasilkan halaman web yang dinamis. Sistem manajemen database yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL. Namun PHP juga mendukung system manajemen Database Oracle, Microsoft Acces, Interbase, d-Base, PostgreSQL dan sebagainya.
Hingga kini PHP sudah berkembang hingga versi ke 5. PHP 5 mendukung penuh Object Oriented Programing(OOP), integrasi XML, mendukung semua ekstensi terbaru MySQL, pengembangan web services dengan SOAP dan REST, serta ratusan peningkatan kemampuan lainnya dibandingkan versi sebelumnya. Sama dengan web server lainnya PHP juga bersifat open source sehingga setiap orang dapat menggunakannya dengan gratis.

3.XAMPP
XAMPP adalah sebuah software web server apache yang didalamnya sudah tersedia database server mysql dan support php programming. XAMPP merupakan software yang mudah digunakan, gratis dan mendukung instalasi di Linux dan Windows. Keuntungan lainnya adalah cuma menginstal satu kali sudah tersedia Apache Web Server, MySQL Database Server, PHP Support (PHP 4 dan PHP 5) dan beberapa module lainnya. Hanya bedanya kalau yang versi untuk Windows sudah dalam bentuk instalasi grafis dan yang Linux dalam bentuk file terkompresi tar.gz. Kelebihan lain yang berbeda dari versi untuk Windows adalah memiliki fitur untuk mengaktifkan sebuah server secara grafis, sedangkan Linux masih berupa perintah-perintah di dalam console. Oleh karena itu yang versi untuk Linux sulit untuk dioperasikan. Dulu XAMPP untuk Linux dinamakan LAMPP, sekarang diganti namanya menjadi XAMPP FOR LINUX.
XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.
        Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemahbahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya. 

Asal kata XAMPP
XAMPP adalah singkatan yang masing-masing hurufnya adalah :
X : Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi,seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.
A : Apache, merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan,maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan
M : MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.
P : PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.




Cara Membuat Database MySQL localhost di XAMPP

Sebenernya ini tutorial mudah saja cuma buat memudahkan yang sedang belajar membuat blog/website menggunakan Database MySQL localhost di XAMPP akan saya paparkan.
Sedikit saja mengenai definisi Database MySQL menurut Wikipedia.  MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL, Jika dalam bahasa Inggris adalah database management system atau disingkat DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta pengguna atau pemasang di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak yang tidak dipungut biaya atau gratis dibawah lisensi GPL, kepanjangan dari GNU General Public License, tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL ( GNU General Public License ).

Cara Membuat Database MySQL localhost di XAMPP

  1. Buka Database MySQL dengan mengakses “http://localhost/phpmyadmin/“.
  2. Makan akan tampil halaman phpmyadmin. Nah, melalui phpmyadmin kita akan membuat dan mengelola Database MySQL Blog atau Website kita.
  3. Pada bagian MySQL Localhost kita melihat Create new database yang dimana kita bisa mengisikan nama database MySQL dengan bebas. Lihat gambar dibawah bahwa saya mengisikannya dengan nama wordpress.
  4. Kemudian Klik Create.
  5. Database wordpress has been created.” Berarti anda sudah selesai membuat Database Mysql.
Selesai sudah kita membuat database MySQL Kosong yang bisa kita gunakan untuk Blog atau website kita. Terima kasih telah membaca tutorial saya tentang Cara Membuat Database MySQL localhost di XAMPP.


Membangun Web Server untuk Perpustakaan dengan XAMPP

Software Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka atau lebih dikenal dengan opensource yang dikembangkan oleh komunitas terbuka yang dinaungi sebuah yayasan Apache Software Foundation

Dalam perkembangannya Apache banyak dijadikan dasar web server yang di kombinasikan dengan aplikasi lain seperti aplikasi database [mysql, progress sql dan lainnya] , dengan bahasa pemograman PHP, PERL dan lainnya. Beberapa produk malah di satukan dalam salah satu paket web server untuk memudahkan pengguna dalam membangun web server baik untuk uji coba atau pengembang bahkan untuk di aplikasikan. Paket web server apache untuk windows yang terkenal adalah paket windows, apache, mysql dan php dan lebih dikenal dengan istilah WAMP jika di tambah Perl maka di singkat WAMPP, begitu juga untuk linuk dikenal dengan istilah LAMP atau LAMPP.

Diantara produk non komersial atau freeware yang terkenal dan bebas digunakan yaitu XAMPP. XAMPP merupakan produk paket web server Apache , MySQL, PHP, PERL yang dapat di install di windows, linux, solaris atau machintos. Software XAMPP ditujukan bagi pengguna awam bahkan pengembang atau developer dalam membangun personal home page, atau web server untuk tujuan pengembangan web atau portal. XAMPP tidak ditujukan untuk digunakan sebagai web server yang sifatnya layanan produktif atas pertimbangan keamanan. Alamat web site resmi Xampp yaitu http://www.apachefriends.org .

Alasan memilih web server XAMPP :
• Free atau bebas digunakan
• Sangat mudah untuk di install
• Terdiri dari beberapa paket program yang berguna bagi pengembangan dan aplikasi web server
• Dapat di install untuk berbagai sistem operasi seperti MS Windows, Solaris, Linux, Machintos

Paket software yang yang berguna yang terdapat pada XAMPP yang berguna bagi pengembangan dan aplikasi web server yaitu :

Beberapa daftar keamanan yang ada pada XAMPP yang harus di konfigurasi ulang:
• MySQL administrator (root) tidak memiliki password.
• MySQL daemon dapat di akses via jaringan.
• PhpMyAdmin dapat di akses via jaringan.
• Contoh aplikasi dapat di akses via jaringan .
• User untuk Mercury dan FileZilla sudah diketahui.

Amankan semua konfigurasi XAMPP sebelum mempublikasikan /mengaktifkan web dan aplikasi. Berikut halaman konfigurasi sekuriti/keamanan sederhana di bias di temukan di web control panel XAMPP. Konfigurasi keamanan yang dapat dirubah melalui halaman ini yaitu merubah password MySQL dan PhpMyAdmin serta password untuk mengakses halaman dai direktori XAMPP.

Uninstall XAMPP
Untuk meng uninstall XAMPP, jika menggunakan installer pada saat menginstal, maka untuk uninstall cukup menjalankan file uninstall.exe di folder dimana XAMPP di install. Tapi jika menginstall XAMPP menggunakan file compress, untuk uninstall cukup dengan menghapus folder XAMPP. Semua proses uninstall tentunya harus didahului dengan proses mematikan semua aplikasi dan servis yang aktif pada XAMPP.

Versi Lite XAMPP
XAMPP Lite yaitu versi simple atau paket ringan dari XAMPP, beberapa Server seperti server mail Mercury Mail dan ftp FileZilla tidak disertakan serta tidak ada versi install , add on atau upgrade untuk versi ini.

Penempatan File Web
Sub Folder htdocs merupakan sub folder utama untuk meletakan file file yang akan di online kan. Sub folder dapat di temukan di \xampp\htdocs. Selain itu kita bias juga membuat sub folder di bawah sub folder htdocs misalnya berita dengan file news.html, maka untuk mengaksesnya kita bias membukanya dengan browser ke alamat http://localhost/berita/news.html. Halaman pertama yang langsung tampil adalah file yang bernama index.html atau index.php, sementara file lain yang dapat dijalankan pada XAMPP, yaitu :
• CGI - Executable: Overall, berakhiran : .cgi => base package
• PHP - Executable: Overall, berakhiran: .php .php4 .php3 .phtml => base package
• MOD Perl - Executable: .\xampp\htdocs\modperl, Allowed endings: .pl => Perl addon
• ASP Perl - Executable: .\xampp\htdocs\modperlasp, berakhiran: .asp => Perl Addon
• JSP Java - Executable: .\xampp\tomcat\webapps\java (u.a), berakhiran: .jsp => Tomcat addon
• Servlets Java - Executable: .\xampp\tomcat\webapps\java (u.a), berakhiran: .html (u.a) => Tomcat addon
• MOD Python - Executable: .\xampp\htdocs\python, berakhiran: .py => Python addon Spyce Python - Executable: .\xampp\htdocs\python, berakhiran: .spy => Python addon.
Edit Konfigurasi
Konfigurasi setting XAMPP melalui konfigurasi file text. Berikut file konfigurasi merubah setting XAMPP:
• Apache konfigurasi dasar: .\xampp\apache\conf\httpd.conf
• Apache SSL: .\xampp\apache\conf\ssl.conf
• Apache Perl ( addon): .\xampp\apache\conf\perl.conf
• Apache Tomcat (addon): .\xampp\apache\conf\java.conf
• Apache Python (addon): .\xampp\apache\conf\python.conf
• PHP:.\xampp\apache\conf\php.ini
• MySQL: .\xampp\mysql\bin\my.cnf
• phpMyAdmin: .\xampp\phpMyAdmin\config.inc.php
• FileZilla FTP: .\xampp\FileZillaFTP\FileZilla Server.xml
• Mercury Mail konfigurasi dasar : .\xampp\MercuryMail\MERCURY.INI
• Sendmail: .\xampp\sendmail\sendmail.ini
XAMPP tidak harus digunakan untuk online melalui internet tetapi dapat digunakan secara offline .


Keterangan Direktori

Directory Content
\xampp\anonymous Folder FTP contoh Anonymous
\xampp\apache Direktori server Apache server
\xampp\cgi-bin Direktori untuk menjalankan script cgi
\xampp\FileZillaFTP Direktori ftp server FileZilla
\xampp\htdocs Direktori utama web
\xampp\install Untuk Setup XAMPP (Jangan di hapus!)
\xampp\licenses Dito
\xampp\MercuryMail Direktori server Mercury Mail SMTP POP3 IMAP
\xampp\mysql Direktori server database MySQL
\xampp\perl Direktori Perl
\xampp\php Direktori PHP (4+5)
\xampp\phpmyadmin Direktori phpMyAdmin
\xampp\security Direktori Ekstra untuk konfigurasi keamanan
\xampp\tmp Folder temporary/sementara
\xampp\webalizer Direktori fasilitas statistic Webalizer
\xampp\webdav Folder contoh WebDAV



Pengertian Tentang XAMPP ..

Software XAMPP terdiri atas:
a. Apache versi 2.0.54
b. MySQL versi 4.1.12
c. PHP versi 5.0.4
d. phpMyAdmin versi 2.6.2-p11 dan lain-lain

1. Mengenai APACHE
Apache sudah berkembang sejak versi pertamanya. Sampai saat ditulisnya artikel ini versi terakhirnya yang ada yaitu Apache ver 2.0.54. Apache bersifat open source, artinya setiap orang boleh menggunakannya, mengambil dan bahkan mengubah kode programnya.

Tugas utama apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada peminta, berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. Jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan, maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.

2. Mengenai PHP
Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk mebuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. PHP dapat dijalankan pada berbagai macam Operating System (OS), misalnya Windows, Linux dan Mac OS. Selain Apache, PHP juga mendukung beberapa web server lain, misalnya Microsoft IIS, Caudium, PWS dan lain-lain.

Seperti pernah disinggung sebelumnya bahwa PHP dapat memanfaatkan database untuk menghasilkan halaman web yang dinamis. Sistem manajemen database yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL. Namun PHP juga mendukung system manajemen Database Oracle, Microsoft Acces, Interbase, d-Base, PostgreSQL dan sebagainya.

Hingga kini PHP sudah berkembang hingga versi ke 5. PHP 5 mendukung penuh Object Oriented Programing(OOP), integrasi XML, mendukung semua ekstensi terbaru MySQL, pengembangan web services dengan SOAP dan REST, serta ratusan peningkatan kemampuan lainnya dibandingkan versi sebelumnya. Sama dengan web server lainnya PHP juga bersifat open source sehingga setiap orang dapat menggunakannya dengan gratis.


3. Mengenai MySQL
Pperkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang khusus digunakan untuk mengolah database. SQL pertama kali didefinisikan oleh American National Standards Institute (ANSI) pada tahun 1986. MySQL adalah sebuah sistem manajemen database yang bersifat open source. MySQL adalah pasangan serasi dari PHP. MySQL dibuat dan dikembangkan oleh MySQL AB yang berada di Swedia.

MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database. MySQL merupakan sisitem manajemen database yang bersifat at relational. Artinya data-data yang dikelola dalam database akan diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah sehingga manipulasi data akan menjadi jauh lebih cepat.

MySQL dapat digunakan untuk mengelola database mulai dari yang kecil sampai dengan yang sangat besar. MySQL juga dapat menjalankan perintah-perintah Structured Query Language (SQL) untuk mengelola database-database yang ada di dalamnya. Hingga kini, MySQL sudah berkembang hingga versi 5. MySQL 5 sudah mendukung trigger untuk memudahkan pengelolaan tabel dalam database.


4. Mengenai PHPMyAdmin
Pengelolaan database dengan MYSQL harus dilakukan dengan mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika anda ingin membuat database, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat database. Jika kita ingin menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu cukup menyulitkan karena kita harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu persatu.

Banyak sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola data base dalam MySQL, salah satunya adalah phpMyAdmin. Dengan phpMyAdmin kita dapat membuat tabel, mengisi data dan lain-lain dengan mudah tanpa harus hafal perintahnya. Untuk mengaktifkan phpMyAdmin langkah-langkahnya adalah : yang pertama setelah XAMP kita terinstall, kita harus mengaktifkan web server Apache dan MySQL dari control panel XAMPP. Yang kedua, jalankan browser kesayangan Anda (IE, Mozilla Firefox atau Opera) lalu ketikkan alamat web berikut : http://localhost/phpmyadmin/ pada address bar lalu tekan Enter. Langkah ketiga apabila telah nampak interface (tampilan antar muka) phpMyAdmin anda bisa memulainya dengan mengetikkan nama database, nama tabel dan seterusnya.

 

Xampp dan Database MySql

Apa sih database? apa sih xampp? penjelasan singkat dibawah ini mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan di atas.
Suatu sistem yang menghimpun data tidak akan lepas dari penggunaan database. Menurut Bunafit Nugroho (2007) database adalah sebuah bentuk media yang digunakan untuk menyimpan data. Dimana database dapat diilustrasikan sebagai sebuah gudang yang dijadikan tempat meyimpan berbagai macam barang yang dalam suatu database, barang tersebut adalah data. Dalam sebuah database terdiri dari dua bagian dasar yang membangun sebuah database, yaitu tabel dan kolom.

Tabel
Tabel Dalam sebuah database dikenal pula istilah tabel yang sering juga disebut entitas atau entity, dimana tabel digunakan untuk menyimpan sebuah kelompok data. Fungsi tabel ini adalah untuk menyimpan data yang sifatnya khusus. Sehingga turunan dari sebuah database adalah tabel, dimana tabel dalam suatu database dapat lebih dari satu buah (Nugroho, 2005: 75). Hal yang penting pula bahwa suatu tabel tidak dapat ada sebelum database dibuat.

Kolom
Kolom adalah bentuk terkecil dari sebuah database setelah tabel, dimana kolom berfungsi untuk memisahkan jenis data dalam cakupan yang lebih khusus. Kolom juga bisa dikenal dengan field atau atribut
Koneksi PHP
<h1>Contoh
koneksi Database MySQL</h1><hr>
<?
$koneksi=mysql_connect(“localhost”,”root”,”password”);
(ini untuk koneksi database)

if($koneksi)
{
echo “Koneksi
database telah berhasil dengan baik <br>”;
echo “Selamat
ya…”;
}
Else
{
echo “Maaf
koneksi database tidak berhasil”;
echo “Cek
lagi….”;
}
?>







Tidak ada komentar: