Senin, 06 Februari 2012

Tips Cara Menjaga/Merawat Flash Disk USB Agar Awet Dipakai Tidak Mudah Rusak Dan Bebas Virus


Walaupun harga usb flashdisk saat ini sudah murah dan terjangkau oleh kantong para pelajar dan mahasiswa namun tidak ada salahnya kita menjaga dan merawat usb flash disk yang kita miliki agar kita tidak dibut stres ketika data penting yang ada di dalam flash disk tersebut hilang ke negeri entah berantah.
Berikut ini adalah beberapa tips penting organisasi.org seputar penjagaan dan perawatan dasar usb flash disk :
1. Jangan dijatuhkan atau dipukul-pukul dengan benda keras agar komponen di dalamnya tidak rusak.
2. Hindari suhu panas termasuk terkena sinar matahari langsung serta suhu dingin yang terlalu dingin agar komponen tidak rusak.
3. Jangan dicemplungkan ke dalam air kecuali yakin benar-benar anti air dengan garansi penuh.
4. Hindari medan magnet tinggi seperti speaker, dinamo, dan lain-lain agar media penyimpanan tidak terganggu.
5. Simpanlah flahs disk usb kita di tempat yang benar agar kita tidak lupa menaruhnya akibat ukuran flash disk yang kecil. Simpan di tempat yang bersih dan tertutup dengan baik agar komponen tidak kotor.
6. Selalu buat copy data cadangan atau backup data di komputer atau laptop kita yang dilindungi anti virus atau media lain seperti cd dan dvd agar jika data hilang kita tidak panik dan stress.
7. Setelah kita gunakan di komputer lain lakukan pemindaian atau scan dengan antivirus yang terbaru dan terupdate rutin agar aman dari virus yang ikutan mendompleng usb flash drive bisa diberantas.
8. Jangan langsung mencabut usb flashdisk ketika selesai digunakan agar tidak rusak datanya. Gunakan metode eject atau stop untuk mematikannya terlebih dulu sebelum kita cabut.
9. Normalnya usb flash disk dapat digunakan sebanyak ribuan atau jutaan kali diisi dan dihapus data. Setelah itu flashdisk akan lemah, mati atau rusak. Sebaiknya tidak bekerja atau mengedit pada file yang ada di flash disk. Kopi dulu ke hard disk drive lalu edit, dan setelah selesai kopi kembali file yang sudah diedit ke dalam flah disk.
10. Pilih merek produk flashdisk yang garansi dan purna jual bagus kalau perlu ltw singkatan dari life time warranty. Simpan bon pembelian dengan baik untuk klaim penggantian baru atau perbaikan bila rusak.
11. Jangan terlalu sering format flash disk karena dapat rusak dan mengurangi jumlah batasan hapus tulis. Jika melakukan manage flash disk pilihlah cluster terbesar agar kerja flashdisk tidak berat.
12. Jika ada waktu defrag flash disk anda agar struktur data di dalam flash disk bisa diatur agar kinerja flashdisk kita lebih optimal.

Trik Flash ” memberi password”

password salam…
kali ini kita akan kembali belajar Flash, akan tetapi sekarang lebih menekankan sedikit menggunakan variabel. Apa variabel tersebut??
variabel biasanya digunakan untuk menyimpan atau menampung data sementara agar data yang sudah didefinisikan dapat diproses lebih lanjut. Variabel  mempunyai nilai yang selalu berubah-ubah tergantung pada datanya. Nilai dalam suatu variabel dibagi dalam beberapa tipe data. ada 4 macam tipe data di flash, yaitu Number (angka), String (karakter/teks), Boolen (True/False), dan Objek.
Fyuh…. maaf ya sedikit ilmiah, hehe ya biar sama-sama ngerti lah, yah gak usa ribet dulu.. langsung aja ke trik nya yuk ;)
Okeh pada trik ini kita akan membuat sebuah login, (ya kaya-kaya situs Facebook, atau daftar apa gitu), yang fungsinya memeriksa variabel yang kita masukan nanti. jika benar maka situs atau flash akan melanjutkannya dan jika salah maka akan ada perintah atau peringatan yang muncul.. jangan bingung… santai saja :)
mulai ajah!!!
  1. buka flash, buatlah dua buah teks dengan tipe input text dengan nama variabel : nama dan password. kemudian buat satu lagi dengan tipe Dynamic Text dengan variabel : pesan.
  2. Buatlah satu buah tombol yang sebagai login nya.1
  3. Kemudian pilih tombol dengan menekan F9, dan masukan script berikut2
on (release) {
if (nama == “flash” & password == “permanen”) {
gotoAndStop(10);
} else {
pesan = “”+nama+”, nama dan pasword anda salah”;
}
}

4. klik frame 1 dan berikan action stop, insert blank key frame pada frame 10 dan tuliskan teks “Anda Berhasil”
sekarang silahkan tekan ctrl+enter
dan masukan nama dan password sesuai dengan yang ada di script!!
selesai!!!

Cara memberi password pada flash disk

Posted by Admin on Feb 13, 2011 in Internet, Software | 1 comment
Dengan menggunakan flash disk kita mampu membawa banyak file dalam perangkat dengan ukuran kecil yang mudah dibawa dan sesuai ukuran kantong baju maupun celana. Kalau jaman dahulu, saya masih suka  menggunakan disket atau data yang dibakar ke CD. Tapi semua itu berubah dengan munculnya flash drive USB (flash disk) dengan ukuran kecil  yang dapat menampung data dengan ukuran gigabyte – ideal untuk file yang Anda miliki untuk diakses di mana pun Anda berada.
Kali ini saya akan sharing mengenai cara memberi password proteksi untuk isi flash disk tersebut. Masing-masing file dengan mudah dapat dilindungi password. PDF, dokumen Word, spreadsheet Excel, Access database, semua bisa diberi password ketika Anda ingin melindungi file-file tersebut. Hal ini membuat data tersebut cukup aman dari pencurian data. Disini memang saya katakan cukup aman karena memang tidak ada proteksi yang sempurna, he…..
Untuk waktu sekarang, apa yang  Anda lakukan jika Anda ingin melindungi  file Anda dari pencurian data? Apakah anda memproteksi data anda dengan mengetikan password-password dengan panjang satu meter ? Yang kemungkinan besar anda bisa melupakan password tersebut karena berbagai macam hal?
Jika Anda tidak mau repot, ada sebuah program gratis yang disebut Cryptania LE (atau anda bisa donwload di http://www.freewarefiles.com/Cryptainer-LE-Free-Encryption-Software_program_7377.html). Software ini cukup mudah digunakan dan gratis untuk didownload, tetapi Anda perlu untuk membagi drive USB (flash disk) anda ke dalam segmen 25MB. Memang saat ini, ukuran sperti itu cukup kecil. Mungkin hanya bisa digunakan untuk memproteksi file-file yang dibuat menggunakan aplikasi kantor atau mungkin file-file gambar saja, Tetapi sebenarnya tidak masalah, yang penting lebih mudah digunakan dan tentunya lebih meringankan anda dalam hal mengingat password jika anda menggunakan password untuk masing-masing dokument.
Cukup simple dan jelas akan lebih mengamankan data dari pada dokument anda dicuri orang kemudian disalahgunakan, anda juga yang rugi, hee…Demikian apa yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih

Tips Merawat Flash Disk dengan Baik dan Benar

Share Penulis: Andry li | Posted at: 20:35 | Flash Disk, Komputer, Tips n Triks
http://1.bp.blogspot.com/-A03Go-FkdH0/TqllFPDZXaI/AAAAAAAAB4M/MYH32HFSgog/s400/186612_3_Flash_Disk.jpgAkhir-akhir ini banyak sekali keluhan yang datang dari segala penjuru bumi dan bertubi-tubi tanpa henti haha, lebay ! Seakan tiada bosan-bosannya mereka menertawakan dengan berkicau riang akan semua keluhan-keluhan yang ia dapati dan rasakan ketika menjumpai permasalahan dengan flash disk mereka.

Sebenarnya jika kita mengerti dan paham akan karakteristik sebuah flash disk, niscaya kita akan memperlakukan mereka dengan sebaik-baiknya. Kalau kita memfungsikannya dengan baik dan tepat guna maka umur flash diskpun akan panjang dan tidak mudah rusak.

Berikut tips merawat flash disk menurut versi saya :
  • Pergunakanlah flashdisk sesuai fungsinya yaitu untuk menyimpan data
  • Jangan gunakan flashdisk untuk menginstall program
  • Hindari melakukan installasi OS dari flash disk
  • Jangan terlalu sering melakukan Format Disk pada flash disk
  • Jauhkan dari medan magnet tinggi
  • Hindari kontak flash disk dengan air
  • Selalu simpan flash disk di tempat yang sejuk dan kering
  • Simpan data pada flash disk seperlunya saja
  • Kurangi intensitas serangan virus terhadap flash disk
  • Lakukan pencegahan agar terhindar dari infeksi virus dengan menggunakan Smadav
  • Jangan di banting
  • Perlakukan flash disk seperti memperlakukan diri sendiri dan pacar
Demikian tips untuk merawat flash disk menurut versi saya, semoga dapat menjadi inspirasi untuk anda dan semua, dan semoga bermanfaat ! terima kasih, sampai jumpa !

Tidak ada komentar: