Kamis, 22 September 2011

gelang statis

Komponen elektronik komputer sangat sensitif dan bisa rusak karena adanya Elekrostatic Discharge (ESD) atau pengosongan elektrostatik. ESD adalah penyaluran arus listrik secara tiba-tiba antara dua objek yang memiliki energi listrik potensial yang berbeda. Ketika Anda membuka komputer atau memegangi komponen dengan tangan anda , ada kemungkinan komponen komputer tersebut rawan terkena efek listrik statis yang bisa merusakkan komponen tersebut. Salah satu alat untuk mencegah akibat kerusakan listrik statis ke komputer Anda adalah dengan menggunakan Wrist Strap atau lengkapnya disebut ESD Wrist Strap (dalam versi lain disebut juga Anti-static Wrist Strap atau Ground Bracelet) yang berarti Gelang Anti Statis.
Gelang Anti Statis merupakan tali arus listrik yang merupakan pilihan tepat untuk dipakai pada pergelangan tangan Anda selama Anda bekerja. Alat ini bergunauntuk meng-groundkan seseorang sehingga orang tersebut dapat bekerja menangani komponen elektronika tanpa membahayakan yang bersangkutan. Gelang Anti Statis memiliki resistor di dalam dan dirancang secara aman untuk menghindari pemakai terkena arus tegangan. Gelang Anti Statis memiliki kawat yang dilampirkan dengan sebuah alligator klip (mulut buaya) pada ujung kabel yang tersambung ke casing atau ke alas anti statis. Kabel yang dipakai sebaiknya berukuran sekitar 1.5 meter. Bagian pangkal terhubung dengan kancing (baju) logam, sementara logam tersebut dipasangkan ke gelang elastis yang selanjutnya akan dipakai pada pergelangan tangan. Satu bagian kancing logam ditembuskan dari gelang agar ketika gelang dipakai, logamnya menyentuh permukaan kulit. Alasan mengapa dipakai kancing logam sebagai penghubung kabel dengan tangan adalah agar memudahkan kita melepaskan gelang setiap saat ketika selesai bekerja.
Langkah mudah membuat Gelang Anti Statis

Anda tiak perlu bingung di mana atau kemana Anda bisa mendapatkan Gelang Anti Statis.Cukup dengan biayakurang dari 5 ribu rupiah dan beberapa alat saja anda bisa membuat Gelang Anti Statis sendiri. Berikut adalah Daftar bahan dan alat apa saja yang harus anda persiapkan serta bagaimana cara membuat Gelang Anti Statis dengan cepat dan mudah.

Tidak ada komentar: